Selasa, 07 Agustus 2012

CARA MENGINSTALL DAN MENGGUNAKAN VNC DI WINDOWS XP


VNC (Virtual Network Connection) adalah software yang dapat digunakan untuk meremote atau melihat aktivitas kerja dan berinteraksi dengan satu komputer melalui komputer lain dalam jaringan lokal maupun internet.
Tujuan dari membangun VNC ini sendiri adalah untuk mempermudah dalam pengawasan atau memonitoring system kerja.
Salah satu cara menghubungkan komputer server dan client yang memikiki OS berbeda dengan cara metode eksperimental yaitu komputer server bersistem operasi Linux dapat di kontrol oleh komputer client yang bersistem operasi Windows. Sehingga semua program yang ada di komputer server dapat disharing ke komputer client yang bersistem operasi Windows.

Berikut langkah penginstallan dan penggunaan VNC :

1. Setelah selesai mendownload VNC jalankan aplikasi dengan mengklik kiri 2 kali.

 2. Setelah itu klik next untuk melanjutkan instalasi .
    
3. Pilih “I accept the agreement”, kemudian tekan Next .
    
4. Pilih di direktory mana anda ingin menginstall aplikasi VNC ini .


5. Pilih component yg ingin ada install.
    

6. Untuk yg ini, perlu anda perhatikan adalah : Bila anda menginginkan PC anda hanya bisa di remote dari PC lain tanpa bisa meremote ke PC lain, pilih lah VNC Server saja ! Bila anda menginginkan PC anda hanya bisa meremote PC lain tanpa bisa diremote dari PC lain, pilihlah VNC Viewer saja ! Tapi bila anda menginginkan PC anda bisa diremote dan meremote dari / ke PC lain, pilih VNC Server dan Viewer. 
    

7.  Nah apabila anda memilih komponen VNC Server dilangkah yg sebelumnya,  maka anda akan ditanyakan apakah ingin mendaftarkan VNC sebagai service di PC anda ? Saran saya, sebaiknya dicentang saja untuk pilihan ini.
     
8. Setelah itu, ditampilkan summary dari hasil proses installasi sebelum benar-benar software tsb di install di PC anda.
    
9. Diakhir proses instalasi, ditanyakan apakah ingin memasang password ketika PC anda akan diremote menggunakan VNC ? Lalu pilih Configure.
    
10. Isikan dengan password yg anda inginkan.

11. Sampai disini belum selesai ! Cari tab “Connection”, dan masukkan di firewall anda port 5900 dibagian “Exception” bila menggunakan firewall bawaan Windows XP, apabila anda mengaktifkan firewall ! Agar software ini bisa digunakan.
  

  
    12. Sampai disini, proses installasi sudah berhasil dilakukan. Nah untuk melihat apakah service RealVNC sudah berjalan, lihat ke kanan bawah desktop / kolom system tray icon, apakah sudah nampak seperti ini ?


13. Apabila RealVNC sudah berjalan dengan baik, maka anda sudah dapat menggunakannya. Apabila tidak, silahkan kalian lakukan proses Uninstall dan ikuti langkah-langkah yg ada diatas.

14. Untuk dapat menggunakan RealVNC, anda install kembali software ini di PC selain milik anda yg tentunya dalam 1 jaringan yg sama dengan PC anda. Langkah-langkahnya sama dengan yg ada di atas.

15. Apabila sudah diinstall, untuk dapat meremote PC lain jalan VNC Viewer dengan melalui : Start – All Programs – Real VNC – VNC Viewer 4 – Run VNC Viewer.
16. Pada kolom “Server”, masukkan IP Address dari PC yg akan anda remote dan tentu saja yg sudah terinstall RealVNC juga. Setelah itu, tekan “Ok”.

17. Masukkan password yg telah anda setup ketika anda menginstall RealVNC di PC tersebut.  Jangan sampai salah ! Setelah itu tekan “Ok”. Apabila sudah benar melakukan semua langkah-langkah ini, maka anda akan berhasil melakukan Remote terhadap PC user yg ada didalam jaringan anda.
    




       


     
  

7 komentar:

trims infonya, langsung dipraktekkan...

@Duniadamay: Sama-sama semoga berhasil..:D

klo remotenya via internet bisa ngga gan?

@Satria : Semaentara ini ane blum coba gan, klo via internet biasanya ane pake Team Viewer

untuk cara mengetahui pass yg sudah lupa gmn?

makasih kawan atas informasi nya.

buat windows 7 gimana gan???

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites