Jumat, 03 Februari 2012

Troubleshooting

PC Tidak Bereaksi, Saat Tombol Power Ditekan
Saya mengambil judul ini karena masalah yang sering terjadi di komputer adalah saat tombol power di tekan, komputer tidak bereaksi sama sekali alias tidak hidup.
Disini saya akan menjelaskan semampu saya tentang penanganan permasalahan itu.
Dan untuk permasalahannya adalah ketika kita menekan tombol power, komputer tidak dapat hidup.
Untuk solusinya jika hal ini terjadi pada PC anda, ada beberapa kemungkinan yang harus di periksa satu per satu secara bertahap,tahab-tahabnya yaitu :
  1. Periksa semua jaringan listrik, dari outlet AC sampai PSU(Power Supply Unit) PC anda. Apakah sudah terpasang dengan sempurna. Mulai dari memastikan switch PSU dalam posisi ON, ataupun sekirannya anda menggunakan UPS (uniterruptable power supply) dan atau stabilizer AVR (automated voltage regulator). Pastikan semua dalam posisi ON dan dalam keadaan berfungsi dengan baik.
  2. Jika hal tersebut bukan penyebabnya,maka kemungkinan berikutnya baru PC anda. Pastikan semua kabel( terutama kabel power) dan komponen terpasang dengan baik. Caranya dengan membuka casing, kemudian menekan-nekan kembali komponen dan konektor kabel yang ada. Adakalanya hal ini disebabkan karena konektor yang  tidak terhubung dengan sempurna. Perhatikan juga ATX 12V,yang dapat ditemukan pada kebanyakan motherboard empat tahun belakangan ini.motherboard tidak akan bereaksi tanpa catuan daya konektor ini.
  3. Jika tahab 2 sudah dilakukan dan teryata tidak berhasil ke mungkinan terakhir yaitu melakukan pengecekan satu - persatu. Ini akan cukup merepotkan. Lakukan pengecekan perangakat utama satu persatu, yang dimaksud adalah CPU dan motherboard. Pastikan keduanya masih berfungsi dengan baik.
    Sebab katakanlah jika CPU rusak, sistem tidak akan nyala sama sekali. Demikian juga jika motherboard rusak. Terutama untuk urusan catuan dayanya(MOSFET, jalur daya pada PCB dan seterusnya). Ini juga akan menyebabkan PC tidak akan bereaksi sama sekali.
SELESAI.........Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Know us

PAPAN INFORMASI
Ini merupakan papan informasi bagi mahasiswa seputar Lab Komputer STMIK Sinar Nusantara Surakarta







Our Team

Contact us

Nama

Email *

Pesan *